Selasa, 28 Agustus 2018

gresik


Gresik terkenal dengan kota industri dimana diberbagai tempat terdapat berbagai macam pabrik-pabrik. Gresik yang terletak di sebelah Barat Laut Kota Surabaya berjarak sekitar 18 km. Selain pabrik Semen Gresik yang cukup terkenal di seluruh Indonesia, juga terdapat Petro Kimia, BUMN produsen pupuk nasional, Maspion, Behaestex, produsen sarung dengan merk-merk ternama, serta Wings Corporation yang memproduksi Mie Sedaap di Gresik.
makanan khas kota Gresik adalah pudak. Apa itu pudak?Gresik yang hingga sekarang dikenal dengan kota santri, banyak muncul jajanan (kuliner) yang salah satunya adalah kuliner Pudak. Makanan jenis satu ini sangat digandrungi masyarakat luas, terlebih para penziarah baik wisman maupun wisnu yang berziarah ke makan Sunan Giri Maupun Maulana Malik Ibrahim. Mereka merasa kurang sreg datang ke Gresik kalau tidak membeli jajanan Pudak untuk oleh-oleh.cara menjual Pudak cukup menarik, karena pudak dalam bentuk rentengan yang digantung secara berjajar. Konon, dengan cara menggantung ini selain untuk menarik perhatian pembeli, juga bisa menjadikan Pudak lebih tahan lama. Disamping juga bisa mengeluarkan bau harum, sehingga Pudak semakin menarik para pembeli.Di Kabupaten Gresik sendiri ada tiga jenis Pudak yang biasa dijual di berbagai sudut Kota Gresik, seperti Pudak yang dijualdi sepanjang Jalan Veteran, Kebomas atau di Jalan Sindujoyo dengan harga Rp 20.000- Rp 25.000 perrenteng yang berisi 10 bungkus.

Gresik juga memiliki tempat wisata Unik, yang salah satunya adalah Bukit jamur. Tempat wisata ini menjadi tempat rekreasi di Gresik yang lagi hits dan terkenal karena keunikannya. Disebut Bukit Jamur, karena wisata alam ini memang memiliki keunikan bentuk batu yang menyerupai jamur. Selain memiliki wisata bukit jamur Gresik juga memiliki Pulau-pulau Indah di Bawean.
- bukit jamur 
-pulau bawean

Dan ciri khas lain kota gresik adalah  pasar bandeng yang sudah disebarkan melalui media dan duta wisata. Dan mulai intensif dalam promosian pasar bandeng di dunia. Di jatim, Gresik termasuk wilayahnya yang kurang subur untuk bercocok tanam, Namun wilayah Gresik sangat berpotensi untuk pertambakan dan kelautan, karna diGresik memiliki lumayan banyak laut dan pesisir yang bisa dimanfaatkan untuk hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link blog teman satu kelas

maimun881.blogspot.com sinaunggae.blogspot.com rajendrafebie.blogspot.com triskaleviana123.blogspot.com tasyafarelia.blogspot.com syaf...